SMAN 1 Puri

Minggu, 08 November 2009


SMAN 1 PURI

Sejarah Singkat SMAN 1 Puri
SMA Negeri 1 Puri Mojokerto mempunyai sejarah yang cukup panjang, sebab merupakan cikal bakal adanya Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas di Kabupaten dan Kotamadya Mojokerto.
Tahun 1960 di Wilayah Kabupaten dan Kotamadya Mojokerto hanya terdapat satu SMA Negeri yang lazim disebut orang sebagai SMA Negeri Mojokerto. SMA ini menempati gedung Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto yang bernama Gedung Bhinneka Tunggal Ika, sebelah timur alun-alun Mojokerto yang sekarang menjadi Gedung DPR.

Tahun 1963 Yayasan Pendidikan Umum Mojokerto mendirikan bangunan yang akan dipakai sebagai tempat kegiatan belajar bagi SMA Negeri Mojokerto di Desa Banjaragung yang lebih populer dengan sebutan Gatoel, sejak saat itu SMA ini juga populer dengan sebutan SMA Gotoel.
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 041 tahun 1974 tentang pembaharuan Pendidikan Dasar dan Menengah dengan ciri-ciri efektif, efisien, relevan, realistis, maka didirikanlah Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan atau disebut orang dengan nama SMPP. Di 34 (tiga puluh empat) kota di Indonesia, Kabupaten Mojokerto salah satu kota yang mendapat kehormatan untuk didirikan SMPP tersebut.

Pengelolaan SMPP sepenuhnya diserahkan pada SMA Negeri 1 yang ada pada waktu itu yaitu SMA Negeri 1 Mojokerto yang ada di Gatoel. Sejak saat itu SMA Negeri 1 Mojokerto yang terkenal dengan nama SMA Negeri Gatoel menjadi SMPP Mojokerto yang memiliki dua gedung yang berlokasi di dua Kecamatan yang berbeda, di Kecamatan Puri dan Kecamatan Sooko.
Dalam perjalanan waktu dan demi pemerataan kesempatan belajar yang dicanangkan oleh pemerintah, di wilayah Mojokerto dibutuhkan SMA Negeri lagi untuk menampung putra daerah agar bisa menikmati kesempatan belajar pada jenjang Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas didirikanlah SMA Negeri yang baru yaitu SMA Negeri 1 yang dulunya SMA Negeri Gatoel berubah menjadi SMPP kemudian kembali lagi menjadi SMA Negeri 1 Mojokerto pada tahun 1980. Tahun 1997 berganti nama menjadi SMU Negeri 1 Puri dan tahun 2004 populer dengan nama SMA Negeri 1 Puri sampai saat ini.


Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah SMAN 1 Puri
Visi:Berdisiplin dalam belajar berprestasi, beriman, bertaqwa, berbudaya santun, berwawasan lingkungan sehat dan bersih, serta berkreasi dengan semangat mentari.

Indikator:

  1. Unggul dalam Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.
  2. Unggul dalam Kurikulum.
  3. Unggul dalam Prestasi Intrakurikuler.
  4. Unggul dalam Prestasi Ekstrakurikuler.
  5. Unggul dalam Kelulusan.

Misi :
1. Menumbuhkan sekolah berbudaya mutu.
2. Memberdayakan seluruh SDM yang ada di sekolah secara optimal.
Menumbuhkan sikap disiplin, tertib, bersih, sehat, pada semua warga di sekolah.
3. Melaksanakan PBM / KBM secara efektif dan efisien.
4. Menciptakan wawasan lingkungan sehat dan bersih.

Tujuan Sekolah :
  1. Meningkatkan profesionalisme dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam pelayanan prima pada pelanggan internal maupun ekternal.
  2. Mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan berbasis kecakapan hidup dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik serta tuntutan masyarakan dan lingkungan
  3. Membantu membangkitkan segala potensi peserta didik dan membimbing dalam mengembangkan potensi yang ada dan menanamkan sikap kompetitif yang kooperatif dalam rangka menghadapi tantangan masa depanya dengan kegiatan pengembangan model-model pembelajaran yang inovati.
  4. Memenuhi sarana dan prasarana dalam pembelajaran serta memanfaatkan secara optimal.
  5. Meningkatkan kerja sama dengan masyarakat, alumi dan lembaga yang terkait guna memperoleh dukungan positif terhadap setiap program yang dicanangkan.

Jika ingin menenal lebih jauh tentang SMAN 1 Puri Mojokerto silahkan lihat di website resminya di http://sman1puri.net

56 komentar:

CV. PERMATA HATIKU mengatakan...

Dengan Hormat,

Mohon tanya apakah pihak sekolah memberi kesempatan buat warga sekitar sekolah (jatah), untuk bisa masuk menjadi murid di sekolah Puri? kalau bisa mohon informasinya.
Terimakasih
Robert
Warga Puri Mojopahit
daveykresnajaya@yahoo.com

Anonim mengatakan...

hallo...apa kabar sman 1 puri Mojokerto ? apa sdh siap membuka program akselerasi tahun pelajaran 2010/2011 ?

mbelinks mengatakan...

duh suspend tuh pak web resminya...

Anonim mengatakan...

baNyk Yg InGiN maSuk Di SMAN 1 PURI TpIe beRhuBung sAinGan bUAt MaSuk SinI BanYk BuwaNgetZzzz JdiE........taLUt guG maSuk

Anonim mengatakan...

mau tau kapan pendaftaran ajaran 201020111?

wiwit mengatakan...

kapan nich pendaftaran bwt yg reguler?cpet masukkin webnya donk?bner gag tgl 17-22mei???
cpetan ya di msukin webnya?biar enak gto

Anonim mengatakan...

sukses...

naya rara mengatakan...

mana nih persyaratan bwt masuk sma puri taon nie?????udah mubeng2 nyari'in tapi ugax ketemu2 ce????cptan bwt webnx ea????

Anonim mengatakan...

walah sekolah koq susah di akses piye iki,...buyar ae,..

maelda mengatakan...

fasilitas d sna pa az???
yo opo d jamin gag???

Anonim mengatakan...

kapan nich pendaftrn ndk sman 1 puri yang kls rguler koq lumb ada d web,,,cpetan donk di iklankan,,,,,

Anonim mengatakan...

maaf, ada denah sekolahnya nggak?

Anonim mengatakan...

maaf, keterangannya buat mos besok sudah ada nggak?

Anonim mengatakan...

npa che blum msuk dha ag tgaz . . ?

Anonim mengatakan...

KAPAN NIE PERAYAAAAAAN HUT SKUL REKKKKKK

dian husada mengatakan...

STIKES DIAN HUSADA MOJOKERTO
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
1 SYAWAL 1431 H
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

Anonim mengatakan...

moga2 sma gatoel tambah baik dan gak ada yang mancing deket lab kayak dulu.....

Anonim mengatakan...

smanip.....bner2 scul favorite...!
pgen bgd mzuk ctuw./....z thn ajrn bru bzog i wanna done everything for be smanip com...

Anonim mengatakan...

hufh ..

Anonim mengatakan...

Mohon info dimana ya tempat cangkrukan para alumni smun1 puri ?
Matur nuwun,
teguh p susanto

Anonim mengatakan...

Maaf nambah posnya ya boz, ini alamat saya
teguh_ps50@yahoo.com,
sms juga boleh 082 157 149 921
sekali lagi matur nuwun.

Anonim mengatakan...

Faforit bgt ne school ! Aku Pengen masuk Scool S2 tp tkut gak masuk.aku dari Smpn2 dawarblandong

Anonim mengatakan...

tolong ya persyaratannya cpat di iklankan tak Sabar Nech !!!!!!!!!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...

kapan dibuka pendaftarannya !!!!!????????

Anonim mengatakan...

aduh, test akselx kpn dilaksanakan??? cptan di iklankan donk........

rienna mengatakan...

berharap mauk sini..........

wanna be novelis mengatakan...

pndaftaran yg reguler kpand??
brharap bsa msuk sni...

Anonim mengatakan...

kapan dibukanya pendaftaran ndek SMAN 1 PURI mohon cepat di iklan kan sudah kesana kemari nyari tau tapi gak ada juga
saya harap segera di buka secepatnya
thanks

Anonim mengatakan...

Kapan che pendftaran siswa baru thun ajaran 2011/2012 dbuka N aphu ajh prsyaratannya??????

Anonim mengatakan...

.aduuh
.prsyaratan pndftaran thn ajran bru mana niih?

Anonim mengatakan...

aduh...........mna y prsyaratan nya aksel n kpan pndaftaran ny?

Anonim mengatakan...

aduhhh,.... mn prsyaratanx dunkzzz tlong s cpatx d psang ea... thankszz...
by:wonk muanizzzt

Anonim mengatakan...

haduwh. . .
aku ae ninggalno SMAN 1 PURI :D

Anonim mengatakan...

kpn nich pendaftarannya......!!!!!!cpt di umumin ke web donk.....

Anonim mengatakan...

btw di SMAN 1 PURI yg reguler btuh minimal danem brapa yaa ??????????

Anonim mengatakan...

Pendaftaran Reguler SMAN 1 Puri 2010/2011 tgl 1-5 Juli 2011. InsyaAllah pake danem, bisa juga tes 'BAKAT'
Info lebih lanjut, Kunjungi SMAN 1 Puri Jl.Jayanegara no.02 Mojokerto.
semoga bermanfaat :)

Anonim mengatakan...

Apa persyaratan masuk SMA 1 Puri yang lewat danem?
Berapa rata-rata danem yang bisa diterima?
Berapa anak yang akan diterima dalam jalur danem?

Anonim mengatakan...

web resminya suspend hingga saat ini, ckckckck

Anonim mengatakan...

KRITERIA GIMANA KALU MASUK SMA 1 PURI????? MOHON PENJELASAN

Anonim mengatakan...

SMAN 1 Puri suksess selaluu.... :)

salam suksess dari XI IPS 3 (Exsotig) 2011/2012

Anonim mengatakan...

kangen sma skul q smanip....
trimaksih atas didikasihnya ....=)
jazakumullah khairan kastiran

Anonim mengatakan...

smanip is the best ...
kedisiplinnannya number one...
prestasinya okey...
mampu mencetak siswa yang berbakat...
go..smanip

Anonim mengatakan...

saya alumni smanip..saya kulia di salah satu universitas ternama di Indonesia..
saya bangga dengan smanip yang menghantarkan aku hingga ke perguruan tinggi di Indonesia.

terimaksasih buat guru - guruku
SMANIP sukses slalu..!!!!

Anonim mengatakan...

sy alumni sman1p 2006...
hmmm...bangga banget menjadi salah satu keluarga sman1p
terimakasih untuk semua guru2 dan teman2
alumni ketupat 2006 :)

Anonim mengatakan...

psb nya d bka mulai kapan..
apa saja syarat pendftarannya..?

Anonim mengatakan...

hallo sma puri . . . .
apakah sudah membuka pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2012/2013 ????

Anonim mengatakan...

wah jadi benar,, dulu SMAN 1 PURI sama SMAN 1 SOOKO adalah sekolahan yang sama (menjadi satu), hanya saja tempatnya dibagi dua (dua gedung). dan SMPP itu sebutan dr SMAN 1 SOOKO dan SMAN 1 PURI.
wah g nyangka skulahanku sekeluarga dengan SMAN 1 PURI...
hhh..... :)

Anonim mengatakan...

wah ternyata benar, kalau SMAN 1 PURI sama SMAN 1 SOOKO itu adalah dulunya satu sekolahan. hanya saja tempatnya terbagi jadi 2(2 gedung)...
dan SMPP itu adalah sebutan dari SMAN 1 PURI dan SMAN 1 SOOKO...

Anonim mengatakan...

kapan nech pendartaran regulernya?

Anonim mengatakan...

kapan nich pendaftaranx?????

Miftakhul Jannah mengatakan...

kapan pendaftaran buat yg reguler d buka ??

Miftakhul Jannah mengatakan...

kapan pendaftaran yg reguler d buka ??
udah gk sabar ....

Davina Chie Gemini mengatakan...

kapan pendaftaran reguler dibuka sama tesnya

Anonim mengatakan...

. boleh tau disni formulir pendaftarannya tahun 2012 ithu kpn

Anonim mengatakan...

apakah di SMAN 1 Puri membutuhkan guru KKPI/Multimedia?
saya lulusan dari ITS jurusa Teknik Elektro. saya mohon informasinya jika ada lowongan pekerjaan yang berhubungan dengan bidang saya.
saya bisa dihubungi di no 085749301123
terima kasih

merajut itu menyenangkan mengatakan...

kpan pendaftaran Tp. 2013/2014?
dan apa kriteria penerimaannya??
pkek tes gak? ,cz d skolh.qu gk d kash brosur.xa

Poskan Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Di Sini. Jika tidak punya account di Google atau alamat blog, gunakan Anonymous saat berkomentar. Terima kasih